Nama-nama yang Bikin Tembok Besar China Rusak

Info Berita - Beijing - Vandalisme oleh wisatawan Tembok Besar China, sungguh memprihatinkan. Bangunan besar itu kalau dilihat dari dekat, penuh guratan nama wisatawan. Duh!

Seseorang bernama Archie, Akke, Irma, Mirke, Xamxo, Ella, tega mengukir namanya dalam-dalam di beberapa batu yang menyusun Tembok Besar China bagian Mutianyu di distrik Huairou, Beijing. Akibatnya sekarang banyak sekali nama-nama yang terukir di salah satu tower tembok.

Perbuatan tersebut rupanya juga diikuti oleh puluhan, bahkan mungkin ratusan wisatawan asing yang berkunjung ke Great Wall. Sebut saja misalkan John, Morgan, Simon, juga menulis nama mereka terukir di sana.

Selain menggunakan ukiran, ada juga yang menggunakan semacam spidol dan tip-ex. Nama-nama ini hanya dari satu tower Tembok Besar saja, di tower lain, mungkin juga ada nama-nama lain yang ikut merusak peninggalan dinasti Ming berumur ratusan tahun ini.


Salah satu nama yang diukir


Tulisan kanji

Selain nama di atas ada juga seseorang yang menuliskan nama dengan jenis hurup Kanji. Sepertinya orang ini berasal dari Jepang. Juga, ada seseorang menuliskan nama dengan bahasa Mandarin menandakan dia adalah turis lokal dari China.

Akibat dari perbuatan mereka, di beberapa tower Tembok Besar sekarang banyak sekali batu yang mulai rusak. Kerusakan ini bisa jadi karena saat mereka mengukir mengakibatkan kekuatan batu yang tertempel rusak atau jatuh.


Tembok yang jatuh karena pengunjung

Atau jika bukan karena ukiran-ukiran nama ini, bisa jadi karena ada wisatwan iseng yang duduk di atas tembok dan mengakibatkan kerusakan. Waduh!

Jangan sampai kamu menambah kerusakan Tembok Besar China ya. Cukup menikmati keindahannya dengan mata dan kamera, tapi jangan sampai merusaknya.


Referensi : http://travel.detik.com/read/2016/05/25/074317/3217029/1520/nama-nama-yang-bikin-tembok-besar-china-rusak
Previous
Next Post »

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i> ConversionConversion EmoticonEmoticon

loading...