5 Angkatan Laut Paling Kuat Sepanjang Masa

[​IMG]

Info Berita - Tak terhitung jumlahnya angkatan laut dalam 3.000 tahun terakhir sejarah manusia. Kekuatan laut dibangun untuk memberikan keamanan dan memperluas pengaruh nasional.

Angkatan laut telah menjadi kekuatan penting untuk sebuah negara baik untuk kepentingan mengamankan jalur perdagangan ataupun untuk memperluas koloni mereka. Laut menjadi benteng setiap negara yang untuk bisa mendobraknya membutuhkan kekuatan kapal dalam jumlah besar.

Setiap periode ada kekuatan laut besar yang mendominasi. Dan inilah lima angkatan laut yang paling kuat sepanjang masa.

1. Angkatan Laut Yunani (480 SM)


[​IMG]

Angkatan Laut Yunani pada saat invasi Persia kedua bukanlah yang terbesar di dunia. Namun mereka berhasil menciptakan kemenengan. Kekaisaran Persia kala menciptakan angkatan laut dari negara-negara pelaut yang ditaklukkan. Pasukan multinasional ini termasuk Fenisia, Mesir, Siprus, dan pelaut dari berbagai belahan Yunani dan Asia Kecil. Armada Persia mencapai 1.207 triremes – kapal perang oared standar waktu itu. Namun mereka tidak berhasil membekuk Yunani dan kalah dalam pertempuran Salamis di Artemisium.

Orang-orang Yunani, yang dipimpin oleh Athena dan Sparta, mengumpulkan kekuatan 381 triremes. Meskipun kalah jumlah , Angkatan Laut Yunani di Salamis berhasil merusak dan memaksa Angkatan Laut Persia mundur.

Kemenangan angkatan laut Yunani di Salamis memiliki dua efek penting. Pertama, Angkatan Lau Yunani melindungi sisi laut Yunani, mencegah Xerxes dan pasukannya melakukan pendaratan amfibi. Kedua, kerusakan Persia yang cukup signifikan menjadi dasar bagi Xerxes memerintahkan penarikan angkatan laut, dan invasi dihentikan.

2. Angkatan Laut China, (1433)

[​IMG]

Angkatan Laut China dari abad ke-15 adalah yang paling kuat di dunia. Dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho, Angkatan Laut Chinamelakukan tujuh pelayaran di sekitar Samudera Hindia.

Dinasti Ming memiliki agenda untuk mencari dan mengamankan rute perdagangan untuk impor barang mewah dan bahan baku ke China. Maka dilakukanlah ekspedisi laut besar-besaran. Ekspedisi menggunakan 317 kapal, jumlah yang luar biasa kala itu (bahkan untuk sekarang). Dari jumlah itu 60 di antaranya disebut sebagai “kapal harta karun” dengan panjang lebih dari 400 kaki, lebar 160 kaki, dengan sembilan tiang dan 12layar. Secara keseluruhan Ming melakukan tujuh ekspedisi. Ruang lingkup perjalanan armada, termasuk Asia Tenggara, India, Tanduk Afrika dan Teluk Persia.

Perselisihan internal akhirnya mengarahkan pada akhir Dinasti Ming dan ekspedisi hebat tu. Bahkan akhirnya Chinatidak pernah lagi memiliki armada laut yang kuat.

3. Royal Navy, (1815-1918)

[​IMG]

Akhir Perang Napoleon di Eropa meninggalkan Royal Navy menjadi yang terbesar, dan paling kuat di dunia. Sebagai angkatan laut dari sebuah negara kepulauan, Royal Navy sangat diperlukan untuk mengamankan jalur laut ke luar negeri menuju koloni Inggris, khususnya di Amerika Utara, India, dan Afrika.

Periode ini disebut “Pax Britannica,” periode yang relatif damai di dunia. Ukuran rata-rata dari Royal Navy selama abad ke-19 hanya 52.000, namun itu memainkan peran besar dalam menjaga “perang besar”.

Royal Navy mempertahankan kekuatan melalui apa yang disebut “two power standard,” yakni kekuatan Royal Navy harus sama dengan gabungan dua kekuatan yang ada di bawahnya. Hal ini menjadikan negara manapun akan sangat sulit menandinginya.

Selain Perang Krimea, ketika menghancurkan Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia, Royal Navy bertempur di sejumlah misi. Dari perang kecil di dalam dan di pinggiran dari Kerajaan Inggris, melawan bajak laut di Afrika Utara dan Laut ChinaSelatan, budak Afrika, hingga membuka pasar luar negeri termasuk Jepang dan China.

4. Angkatan Laut Kekaisaran Jepang (1941)

[​IMG]

Angkatan Laut Kekaisaran Jepang atau Imperial Japanese Navy (IJN) pada awal Perang Dunia II di Pasifik adalah angkatan laut paling kuat di dunia. Jepang, seperti Inggris, adalah sebuah negara kepulauan yang terpaksa mengimpor minyak dan bahan baku lainnya dari luar negeri. Kerentanan ini menjadikan Jepang harus membangun angkatan laut yang besar untuk mempertahankan jalur laut.

Di awal perang Jepang memiliki 10 kapal induk, dengan 1.500 pilot terbaik di dunia. Selain itu memiliki 12 kapal perang, termasuk kelas Nagato yang terkenal kuat, dan kapal penjelajah modern, kapal perusak dan kapal selam.

IJN memiliki senjata kuat dan terlatih. Kemenangan di Malaya, Pearl Harbor dan Kepulauan Solomon adalah bukti jelas kuatnya mereka. Tetapi serangkaian keputusan yang buruk pimpinan angkatan laut dan diperparah oleh ketidakmampuan untuk mengganti kerusakan secara tepat waktu akhirnya kekuatan Jepang semakin lemah. Namun meski singkat Angkatan Laut Kekaisaran Jepang tahun 1941 adalah angkatan laut paling kuat sepanjang masa.

5. Angkatan Laut Amerika Serikat (1945)
 

[​IMG]
Angkatan Laut Amerika Serikat tahun 1945 memenangkan dua perang samudra. Di Pasifik, Jepang yang telah menguasai Kepulauan Solomon dipukul mundurharus. Sedangkan di Atlantik Angkatan Laut AS bertanggung jawab untuk mengurangi ancaman U-boat dan melakukan invasi Afrika Utara, Italia, dan Perancis.

Setelah Pearl Harbor, industri galangan kapal Amerika melonjak untuk mengganti kerusakan akibat perang. Kekuatan Angkatan Laut AS tumbuh dari 790 kapal pada bulan Desember 1941 menjadi 6.768 kapal pada bulan Agustus 1945. Angkatan Laut memiliki 17 kapal perang, 7 armada operator, 171 kapal perusak dan kapal selam 112, 23 kapal perang, 28 kapal induk, 377 kapal perusak, dan 232 kapal selam.


Referensi : http://forum.viva.co.id/indeks/threads/5-angkatan-laut-paling-kuat-sepanjang-masa.1990217/
Previous
Next Post »

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i> ConversionConversion EmoticonEmoticon

loading...